• Uncategorized
  • PENGGUNAAN DANA DESA NAMO SURO BARU KABUPATEN DELI SERDANG DIDUGA TIDAK EFEKTIF DAN EFFISIEN

PENGGUNAAN DANA DESA NAMO SURO BARU KABUPATEN DELI SERDANG DIDUGA TIDAK EFEKTIF DAN EFFISIEN

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Deli Serdang – Dengan berlakunya Undang Undang Desa, desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta melaksanakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

Undang Undang Desa telah menempatkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa yang berdasarkan kewenangan yang dimiliki dapat melakukan program pembangunan yang mensinergikan antara kepentingan ekonomi, kepentingan sosial, dan kepentingan lingkungan.

Pembangunan desa wajib dilakukan mengacu kepada asas efektifitas dan efisiensi sehingga apa yang dilakukan dengan menggunakan dana desa dapat dirasakan tepat guna dan bermanfaat sesuai dengan apa yang di aspirasikan oleh masyarakat desa.

Namun hal ini sepertinya belum dilakukan dengan baik oleh Pemerintahan Desa Namo Suro Baru Kecamatan Biru Biru Kabupaten Deli serdang terhadap pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan Dana Desa.

Masyarakat Desa Namo Suro Baru, Ismail Ginting menyayangkan pekerjaan Pemasangan Lampu Tenaga Surya yang dilakukan Pemerintahan Desa Namo Suro Baru karena diduga tidak tepat guna terkesan tidak efektif dan efisien.

“Kami menyayangkan pemasangan lampu listrik tenaga surya di dusun ini karena rasanya sangat aneh, dimana pemasangan lampu listrik tenaga surya berdekatan dengan tiang listrik PLN yang masih berfungsi, jaraknya hanya berkisar 7 sampai 8 meter dan saling berhadapan” ujar Ismail menerangkan.

Pemasangan lampu listrik tenaga surya yang dipasang berdekatan dengan tiang listrik PLN

Selain pemasangan yang berhadapan tersebut ada juga tiang lampu listrik tenaga surya yang berdekatan dengan tiang listrik PLN. Ismail menambahkan “lucu rasanya dipasang tiang lampu listrik tenaga surya bersanding dengan tiang PLN yang hanya berjarak 3 sampai 4 meter, kan lebih baik tiang listrik PLN itu yang dipasangi lampu penerangan jalan jadi biayanya tidak terlalu mahal”.

Bukan hanya teknis pemasangan lampu listrik tenaga surya saja yang dipertanyakan oleh masyarakat desa namun terkait jumlah unit yang dipasang juga mereka singgung. Ismail menuturkan dengan kebingungan “Kalau kami lihat di spanduk pekerjaan ditulis lampu listrik tenaga surya itu dipasang sebanyak 7 set akan tetapi yang kami lihat hanya ada 6 set”.

Masih banyaknya sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat selain lampu penerangan jalan seharusnya bisa menjadi prioritas pembangunan oleh Pemdes setempat. Dengan rasa kecewa Ismail menjelaskan “lebih baik dana desa ini digunakan untuk perbaikan irigasi, pembentukan BUMDes atau menggali potensi desa lainnya seperti di sektor pariwisata”.

Pemasangan lampu listrik tenaga surya berhadap hadapan dengan tiang listrik PLN

Masyarakat Desa Namo Suro Baru berharap agar Pemerintah Desa menggunakan Dana Desa dengan efisien dan melibatkan masyarakat dalam melaksanakannya. “Kami meminta agar Pemdes menggunakan Dana Desa dengan efisien dan efektif agar lebih tepat guna serta bermanfaat bagi masyarakat desa. jadi uang untuk masyarakat yang diberikan negara terkesan tidak dihambur hamburkan” cetus Ismail berharap.

Selain itu melalui media ini masyarakat Desa Namo Suro Biru juga mendesak agar instansi yang terkait melakukan pantauan terhadap pekerjaan pemasangan lampu surya ini. “Kami berharap pihak terkait dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Deli Serdang dapat turun kelapangan untuk meng-cross check pekerjaan yang dilaksanakan oleh Pemdes Desa Namo Suro Baru” ujar Ismail menutup keterangannya.

Untuk diketahui bersama bahwa Pemerintahan Desa Namosuro telah menganggarkan pemasangan lampu tenaga surya sebanyak 7 set dengan nilai pagu Rp. 135.341.500,- dengan sumber dana dari Silpa Dana Desa Tahun 2020 berlokasi di Dusun 4 Terang Bulan.(MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER